HIV/AIDS Cianjur Didominasi Usia Produktif

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Hingga Januari 2015 lalu, KPA mencatat sebanyak 479 orang di seluruh Kabupaten Cianjur sudah tertular HIV/AIDS. Dari jumlah itu, didominasi oleh penderita berumur produktif, yakni usia 15-35 tahun sebanyak 88 persen. Sedangkan di posisi kedua, berdasarkan umur, sebanyak 10 persen penderita berumur 35 tahun ke atas.

“Sedangkan sisanya, yakni sebanyak 2 persen, diderita oleh mereka yang berumur 0-9 tahun,” tutur Pengelola Program KPA Kabupaten Cianjur, Brian Muhammad Yusuf.

Masih berdasarkan temuan KPA, terbaru, sudah ada 10 lebih remaja yang masih berstatus sebagai pelajar aktif, termasuk tiga kasus terbaru yang juga termasuk ke dalam kategori LSL. Jika menilik pada usia 0-20 tahun, dalam catatatn KPA, sebanyak 20an orang sudah tertular.

“Ini yang mencengangkan. Bahwa HIV sudah merambah kepada pelajar. Apalagi, budaya remaja di Cianjur saat ini juga sudah berubah drastis. Dan, beberapa kasus sudah termasuk cukup mengkhawatirkan,” lanjut dia.


Brian menambahkan, untuk kasus HIV, pengobatan memang masih mungkin untuk dilakukan. Itu pun dengan catatan dilakukan secara rutin dengan obat khusus yang harus dikonsumsi sang penderita secara berkala dan tidak boleh absen sekalipun.

Tapi, lanjut dia, hal yang terbaik adalah dengan melakukan tindakan pencegahan serta sosialisasi secara masif dan kontinyu. Diharapkan, dengan begitu, semakin banyak orang yang sadar akan bahaya virus HIV/AIDS, cara penyebarannya, hal yang harus dilakukan dan dihindari serta menjaga kesetiaan dengan pasangan resminya masing-masing.

“Selain itu, pergaulan berisiko yang menganut perilaku seks bebas juga harus dihindari. Jangan lupa, jauhi juga narkoba, karena sekali saja mencoba, akan sulit untuk lepas,” pungkas Brian.(ruh/dep)