Miris, Sekolah Dipaksa Ikut UN Online

ilustrasi tes snmptn/sbmptn
ilustrasi

POJOKSATU – Penolakan SMAN 17 terhadap Ujian Nasional (UN) Online, disikapi serius Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Makassar. Disdikbud menegaskan, tidak ada alasan bagi sekolah yang ditunjuk sebagai pilot project, untuk menolak pelaksanaan UN Online.

Termasuk SMAN 17 yang terang-terangan menyatakan penolakan atas pelaksanaan UN Online. Pemerintah Kota Makassar, juga akan turun tangan untuk kelancaran pelaksanaanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Mahmud BM mengatakan, UN Online merupakan program pusat, untuk itu tidak ada alasan bagi sekolah yang ditunjuk, untuk tidak melaksanakan ujian ini. Untuk itu, pihaknya meminta setiap kepala sekolah melakukan pendataan tentang kebutuhan sarana dan prasarana UN Online beserta kekurangannya.

“Nantinya saya akan bawa semua laporan ini ke Pak Wali Kota. Apalagi ada anjuran dari Gubernur agar Pemerintah Kabupaten/Kota turun langsung memberi bantuan ke setiap sekolah, untuk kelancaran UN ini,” jelasnya saat memimpin rapat bersama sejumlah kepala sekolah di kantornya, Kamis 5 Februari. (ful-taq/asw/zul)