Korsel Buka Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia

bendera korea - indonesia
bendera korea - indonesia

thumb_942631_11053806022015_korea_indonesia

POJOKSATU – Kabar gembira bagi para pelajar Indonesia yang hendak melanjutkan kuliah ke negeri ginseng.

Pasalnya, pemerintah Korea Selatan kembali menawarkan beasiswa bagi kandidat internasional untuk tahun ini melalui Korean Government Scholarship Program (KGSP). KGSP sendiri adalah program beasiswa yang diselenggarakan Pemerintah Korea Selatan untuk memberi peluang belajar di Korea.

Ada 471 beasiswa pasca sarjana yang akan diberikan pada tahun ini dengan berbagai program studi di setiap jenjangnya. Pemerintah Korea menawarkan beasiswa ini ke 156 negara di Afrika, Asia Pasifik, dan Eropa.


Sementara itu dari Indonesia akan dipilih 20 orang. 10 orang melalui seleksi Kedutaan Besar dan 10 orang lainnya melalui seleksi universitas masing-masing.

Beasiswa ini meliputi biaya kuliah selama 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3. Jenjang belajar itu ditambah kursus bahasa Korea untuk masing-masing jenjang selama 1 tahun.

Bukan hanya itu, beasiswa juga meliputi tiket pesawat pulang-pergi dari negara asal kandidat dan berbagai tunjangan. Di antaranya adalah tunjangan bulanan sebesar 900 ribu won, tunjangan tempat tinggal, tunjangan untuk kembali ke negeri asal setelah menyelesaikan studi, asuransi kesehatan, serta tunjangan riset dan biaya cetak disertasi untuk program pasca sarjana.

Bagi yang berminat bisa mengajukan aplikasi ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia hingga 6 Maret mendatang. Atau temukan informasi selanjutnya di laman resmi NIIED (www.studyinkorea.go.kr) dan laman resmi Kedutaan Korea (idn.mofa.go.kr). (mel/rmol/dep)