Kata Siapa Jokowi Lebih Dengarkan Trio Macan?

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

POJOKSATU – Sindiran beberapa petinggi PDI Perjuangan kepada Presiden Jokowi dan Trio Macan Istana rupanya bukan tanpa alasan.  Trio macam yang dimaksud adalah Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, Menteri BUMN Rini Suwandi dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan.

Politisi PDIP kesal karena Jokowi disebut-sebut lebih lebih mendengarkan Trio Macan ketimbang masukan dari PDIP.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi, mengatakan, sebagai partai pengusung utama Jokowi, PDIP jelas dirugikan karena ulah Trio Macan. Dan justru bukan PDIP yang menikmati buah kemenangan Jokowi tetapi individu-individu di Trio Macan.

“Andi, Rini dan Luhut bisa masuk ke lingkaran Istana bukan karena rekomendasi dari PDIP tetapi justru malah mengerdilkan PDIP,” tutur Ari yang juga Dosen Pascasarjana UI, Universitas Diponegoro serta Univercidade Timor Leste .


Sayangnya, sambung Ari, publik awam yang tidak mengerti konstelasi politik di Istana, hanya tahu Jokowi menjadi boneka PDIP. Padahal sebenarnya Jokowi lebih mendengar bisikan trio macan.

Sejarah mencatat, hampir di setiap era kepresidenan di Indonesia keberadaan tim pembisik dan berpengaruh seperti Trio Macan tersebut malah merontokkan presiden. Soeharto pernah punya tim ahli yang beranggotakan Soejono Humardani dan Ali Murtopo, Gus Dur pernah percaya betul dengan tukang pijatnya Suwondo, dan kini Jokowi mengulang sejarah dengan percaya betul dengan Trio Macan. (rmol/one)