Heboh, Foto Presiden saat Tersandung dan Jatuh

Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe tersandung dan jatuh. Foto: news.nationalpost
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe tersandung dan jatuh. Foto: news.nationalpost
Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe tersandung dan jatuh. Foto: news.nationalpost

POJOKSATU – Sepertinya Rabu (4/2) menjadi hari tak terlupakan bagi  bagi Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, 90. Pasalnya dia tersandung dan jatuh di hadapan banyak pendukungnya.

Yang lebih memalukan, jurnalis mengabadikan momen tersebut, baik melalui video maupun foto. Mugabe berang dan meminta para jurnalis menghapus foto maupun video yang telah mereka ambil. Sayang, upayanya tidak berhasil. Foto-foto itu malah tersebar luas di dunia maya.

Kejadian tersebut bermula saat Mugabe pulang dari lawatannya ke Ethiopia. Pada 30 Januari lalu, dia terpilih sebagai ketua umum Uni Afrika yang dilangsungkan di Addis Ababa, Ethiopia.

Suami Grace Mugabe itu tiba di Bandara Internasional Harare dan disambut ratusan pendukungnya. Dia menyempatkan diri untuk berbicara sebentar pada para pendukungnya di podium.


Setelah berbicara, dia menuruni podium dan masih bisa tersenyum dengan bangga sampai akhirnya dia terjatuh setelah menuruni anak tangga terakhir. Ajudannya langsung berlarian untuk menolong dan membawanya ke limusin yang sudah menunggu.

“Apa yang terjadi adalah presiden tersandung gundukan karpet di salah satu langkahnya saat turun dari podium. Tapi, dia berasil mengatasinya. Sejujurnya, bahkan Yesus pun bisa tersandung dalam situasi tersebut,” ungkap Menteri Informasi Zimbabwe Jonathan Moyo.

Menjelang ulang tahunnya yang ke-91 pada 21 Februari nanti, Mugabe memang kerap melakukan lawatan ke luar negeri. Setiap Januari, dia biasanya melawat ke Asia. Tahun ini dia pergi ke Singapura untuk mengunjungi dokter spesialis guna mengecek kesehatan matanya. Dia selalu bersikukuh bahwa dirinya masih sangat sehat. (AFP/AP/sha/c23/ami/jpnn/lya)