Curiga Konsumsi Narkoba, Ratusan Paspampres Dites Urine

paspampres
ILUSTRASI
ILUSTRASI
ILUSTRASI

POJOKSATU – Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Grup C bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bogor mengadakan tes urine terhadap 194 personel, Jumat (6/2/2015) di Markas Paspampres Grup C, Lawang Gintung, Bogor Selatan.

Komandan Kolonel Marinir Agung Trisnanto mengatakan, tes urine ini adalah kali ketiga yang dilakukan Paspampres. Dua kegiatan serupa telah dilakukan pada tahun 2014.

“Sebenarnya kita ada 257 personel. Tapi yang ikut tes cuma 194 karena ada yang berhalangan hadir. Ini akan terus kita lakukan untuk memelihara kesiapan prajurit serta memastikan semua personel bebas narkoba,” ujar Agung Trisnanto.

Sementara Kepala BNN Bogor, Nugraha Setia Budhi mengatakan tes urine ini idealnya dilakukan 4 bulan sekali. “Ini kan pengamanan VVIP, jadi semua personel harus siap jasmani maupun rohani. Selain melakukan tes pada prajurit, kita juga memberi penyuluhan untuk keluarga prajurit,” tutur Nugraha Setia.


Nugraha menambahkan tiap orang yang di tes hanya memerlukan waktu 20 menit dan hasilnya sudah bisa terlihat.

Pukul 10.30 WIB tes urine selesai dilakukan dan semua anggota Paspampres Grup C negatif menggunakan narkoba. “Hasilnya sudah ada, semua clear dan clean sama seperti dua tes sebelumnya,” ujar Agung Trisnanto.

Paspampres Grup C adalah pasukan yang memiliki tugas mengamankan tamu-tamu negara. Sementara Grup A mengamankan Presiden. Grup B Wakil Presiden dan Grup D mengamankan mantan Presiden dan Wakil Presiden. (cr1)