500 Personel Dikerahkan Bor Bogor

Dandim 0606 Bogor Letkol Rakhmad Santoso memberikan arahan sebelum membuat lubang biopori
Dandim 0606 Bogor Letkol Rakhmad Santoso memberikan arahan sebelum membuat lubang biopori

POJOKSATU – Sedikitnya 500 personel gabungan TNI-Polri, OKP Pramuka, Osis dan kelompok peduli lingkungan serta perusahaan-perusahaan, bahu membahu membuat lubang biopori di Jl Sudirman, Jl Pemuda, dan Jl Ahmad Yani Bogor, Jumat (6/2/2015)

Pembuatan lubang tersebut merupakan bagian dari program gerakan pembuatan lima juta lubang biopori di Bogor. “Hari ini target 5.000 lubang,” ujar Komandan Kodim 0606 Bogor Letkol Rakhmad Santoso yang memimpin langsung pembuatan lubang biopori.

Gerakan pembuatan lubang ini juga dihadiri penemu biopori Kamir A Dibrata, penanggung jawab gerakan lima juta biopori Hazairin Sitepu, ketua pelaksana Gatut Susanta, dan Guntur Santoso.

2 bor


Menurut Gatut, gerakan pembuatan biopori di tempat umum merupakan terapi kejut untuk membangun kesadaran masyarakat. “Sasaran utama kita tetap perumahan dan komplek perkantoran,” tutur Gatut.

Sehari sebelumnya, puluhan personil TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Bogor Barat juga membuat lubang biopori. Pembuatan lubang diawali dari Kantor Koramil Bogor Barat menuju Jalan Menteng Asri, kemudian ke Kantor Polsek Bogor Barat.

Menurut Danramil Bogor Barat Kapten Lalu, kegiatan ini berlanjut terus sampai ke tingkat kelurahan. “Pembuatan biopori akan dilakukan di semua wilayah kelurahan di Kecamatan Bogor Barat,” ujar Lalu. (gs/one)