Sering Didemo, Menteri Susi Curhat

Berantem dengan nelayan, Pantura, di depan Jokowi
Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pujdiastuti

POJOKSATU – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, curhat dirinya sering didemo dan mendapat kritikan pedas dari sejumlah kalangan.

Tak tahan sering didemo, pemilik maskapai Susi Air itu memilih ngadu ke Presiden Jokowi. Susi melaporkan banyaknya protes dan demo padanya akibat aturan pelarangan alat tangkap ikan pukat hela (trawls) dan pukat tarik (seine nets).

Dikatakan Susui, Larangan tersebut sudah diberlakukan mulai 9 Januari 2015 lalu lewat terbitnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2.

“Tadi ngobrol banyak sama presiden termasuk soal saya yang didemo. Banyak yang marah karena masalah trawls,” ujar Susi di kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis, (5/2).


Susi menegaskan, penggunaan trawls memang sudah dilarang pemerintah sejak dulu. Namun, tak banyak nelayan yang mematuhinya. Oleh karena itu, menteri nyentrik itu menilai perlunya ketegasan untuk menerapkan aturan.

“Kalau saya hapus Permennya ya sama saja mereka tidak akan berani melaut terang-terangan karena memang tidak boleh dari jaman dulu,” tegas Susi. (flo/jpnn/one)