Nusron: Dua Juta TKI Menggerakkan Roda Ekonomi Malaysia

Nusron Wahid
Nusron Wahid
Nusron Wahid

POJOKSATU- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, meminta pemerintah Malaysia menindak tegas perusahaan yang mengiklankan produknya dengan cara menghina martabat rakyat Indonesia.

“Kita mau ingatkan Malaysia, selama ini keberadaan TKI yang bekerja di Malaysia ikut ambil bagian dalam menggerakkan serta meningkatkan roda perekonomian negara Malaysia,” kata Nusron kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Kamis (5/2).

Dalam catatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Informasi (Puslitfo) BNP2TKI selama kurun waktu tahun 2008-2014, ada 833.414 jiwa TKI ditempatkan di Malaysia. Rinciannya, 673.518 jiwa TKI formal dan 159.896 jiwa TKI informal.

“Diperkirakan, jumlah TKI di Malaysia saat ini baik prosedural maupun yang nonprosedural berjumlah sekitar dua juta,” ungkap Nusron.


Nusron menduga kuat penayangan iklan yang melecehkan TKI di Malaysia dengan tulisan “Fire your Indonesian Maid” itu dilakukan secara sengaja dan berulang kali dilakukan.

“Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI di Malaysia harus tegaskan kepada Pemerintah Malaysia supaya menindak tegas sesuai hukum yang berlaku di Malaysia,” pinta Nusron. (ald)