Jokowi Tidak Lama Lagi Lengser

Presiden Jokowi
Jokowi
Jokowi

POJOKSATU – Polemik bernuansa politis yang terjadi belakangan terkait perseteruan antara Polri dan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) bisa mempengaruhi posisi Jokowi sebagai kepala negara. Komentar-komentar miring dari pengamat dan masyarakat bermunculan.

Polisi Partai Demikrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon, menilai masa jabatan Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia tidak akan berjalan mulus.

Dalam diskusi “Evaluasi 100 Hari Pemerintahan Jokowi-JK” di Jakarta beberapa waktu lalu, Effendi mengungkapkan bahwa masyarakat sudah mulai sadar bahwa Jokowi tidak mampu mengelola pemerintahan. Sebagai contoh, kisruh antarpenegak hukum (Polri-KPK) belum juga menemui titik terang.

“Saya kira (Jokowi) tidak sampai dua tahun, paling hitungan bulan lagi lengser,” kata Effendi meyakinkan.


Selain itu, kebijakan Jokowi yang bertentangan dengan pegawai negeri sipil (PNS) kata Effendi juga menjadi satu indikator. Menurutnya, saat ini masyarakat berharap agar Jokowi lengser dari kepala negara.

“Coba kita cek ke masyarakat, mereka sudah mendoakan agar Jokowi turun. Banyak PNS yang kecewa, sehingga setiap kali kunjungan mereka memilih menginap di tempat saudara,” tegas Effendi.

Ia menilai, program Jokowi tidak sesuai dengan program kerja dan visi misi partai berlambang banteng moncong putih itu. Effendi mengaku partainya merasa kecewa dengan program yang dilakukan Jokowi.

“Harus kembali ke dirinya, dia harus memahami Nawacita, memahami Trisakti. Seyogyanya ini kan kabinet PDIP, sehingga plarform PDIP yang diperjuangkan,” tambahnya. (ril)