Dihukum Tiga Bulan, Ini Pembelaan Pengacara Budi Gunawan

Razman Arif Nasution

POJOKSATU – Pengacara Komjen Budi Gunawan, Razman Arif Nasution, diterpa isu tidak sedap. Dia disebut terlibat kasus penganiayaan dan dihukum tiga bulan penjara, tetapi hingga saat ini belum pernah ditahan.

Menanggapi perkara tersebut, Razman akan bicara panjang lebar soal kasus hukum yang membelitnya tersebut dalam jumpa pers di Mabes Polri pagi ini.

“Sehubungan pemberitaan-pemberitaan tindak pidana ringan terkait Razman Nasution selaku Kuasa Hukum BG, maka akan dilakukan¬† konpers, Kamis, 5 Februari 2015, pukul 09.00 WIB, di Mabes Polri,” jelas Razman, Kamis (5/2).

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Agung dalam Putusan Nomor 1260 K/Pid/2009 MA menolak kasasi yang diajukan oleh Razman yang ketika itu masih jadi Anggota DPRD Kabupaten Mandailing Natal. MA juga menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Sumatera Utara.


Putusan Pengadilan Tinggi sendiri menguatkan putusan pada tingkat pertama. Di mana pada tingkat pertama Pengadilan Negeri Padangsidempuan menyatakan Razman bersalah atas kasus penganiayaan dan dipidana dengan penjara 3 bulan.

Razman sendiri tak menampik pernah berurusan dengan hukum. Tapi, masalah tersebut sudah selesai. “Itu sudah selesai dan itu urusan keluarga keponakan kandung dan sudah berdamai,” kata Razman melalui pesan singkatnya, Jumat, pekan lalu.

Dia berdalih, dalam putusan tersebut dia tak diwajibkan masuk dalam tahanan. Meski, pada kenyataannya hakim menyatakan dia terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman 3 bulan.

“Dalam putusan tidak diperintahkan segera masuk tahanan dan dengan berdamai selesai. Putusan itu kabur dan sudah selesai,” tandas Razman. (zul/rmol/one)