Budi Waseso Naik Pangkat, Tiga Calon Kapolri Ogah Datang

Budi Waseso

POJOKSATU – Kabareskrim Budi Waseso naik pangkat dari bintang dua (inspektur jenderal) menjadi bintang tiga (komisaris jenderal. Kenaikan pangkat ini disebut-sebut sebagai upaya meloloskan Budi Waseso sebagai calon kapolri, menggantikan Komjen Budi Gunawan.

Sejumlah petinggi Kepolisian hadir dalam acara tersebut. Di antaranya, Irwasum Komjen Dwi Priyatno dan juga Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F. Sompie.

Namun, Kepala Lemdikpol Komjen Budi Gunawan dan Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno tidak hampir hadir. Begitu juga dengan Komjen Suhardi Alius, yang sebelumnya menjadi Kabareskrim sebelum digantikan Komjen Budi Waseso.

Tak ada keterangan atas ketidakhadiran perwira tinggi Mabes Polri tersebut. Ketiga jenderal bintang tiga itu merupakan rival utama Budi Waseso merebut tongkat komando di Polri.


Komjen Budi Gunawan merupakan Kapolri terpilih namun saat ini menjadi tersangka kasus gratifikasi. Sementara Komjen Suhardi sebelumnya dituding sebagai pihak pengkhianat karena ditengarai menyuplai data ke KPK untuk menjerat  Komjen Budi Gunawan. Namun hal itu dibantah Komjen Suhardi.

Selain itu juga, dalam upacara pelantikan yang dipimpin Wakapolri Komjen Badrodin Haiti itu tidak ada sambutan. Biasanya dalam setiap acara ada amanat yang disampaikan. (rmol/one)