Tingkatkan Ekonomi, Tanzania Merapat ke Jerman

Presiden Tanzania Jakaya Kikwete (kiri) dan Presiden Jerman Joachim Gauck (kanan)
Presiden Tanzania Jakaya Kikwete (kiri) dan Presiden Jerman Joachim Gauck (kanan)
Presiden Tanzania Jakaya Kikwete (kiri) dan Presiden Jerman Joachim Gauck (kanan)

POJOKSATU- Presiden Tanzania Jakaya Kikwete dan Presiden Jerman Joachim Gauck sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara.

Hal itu ditegaskan dalam konferensi pers terbaru yang digela ri gedung kenegaraan di ibu kota Dar es Salaam. Dalam pernyataam bersama, keduanya menyebut bahwa Tanzania dan Jerman harus berani membuka bab baru dalam kerjasama baik dalam bidang politik ataupun hubungan diplomatik.

“Update terbaru sedikitnya terdapat 150 Investor Jerman di Tanzania yang mempunyai aset setara dengan 300 Juta Euro. Saya percaya bahwa Jerman dapat meningkatkannya, anda dapat meningkatkan investasi hingga 30 miliar euro, dan Tanzania memiliki kapasitas untuk menyerapnya,” kata Kikwete seperti dimuat Xinhua.

Kikwete mengatakan bahwa ia senang adanya Konsosrsium Internasional di pimpin oleh Ferrostaal Industrial Project Jerman dan Perusahaan Minyak Tanzania sedang merencanakan pembangunan pabrik fertilizeer senilai 1,7 miliar dolar AS di Mtwara.


Pabrik tersebut akan beroperasi pada 2019 atau 2020 mendatang dengan menggunakan gas alami dan akan memproduksi lebih dari 1 Juta ton fertilizer setiap tahunnya

Gauck mengatakan bahwa pembangunan kerjasama ekonomi ini akan menjadi fokus utama atas kunjungannya ke negara Afrika timur. Ia menambahkan bahwa dirinya ditemani oleh asisten Kementrian Ekonomi dan bisnis untuk mempelajari lebih lanjut mengenai peljuang investasi di Tanzania.

“Kita telah memiliki sejarah kerjasama yang panjang, dan terdapat pula bagian gelap dari sejarah tersebut, akan tetapi saat ini kita harus fokus dalam menguatkan kerjasama Ekonomi kita, saya harap pada akhir dari perjalanan ini terdapat kesempatan baru dan wilayah baru untuk dapat dilakukan eksplorasi lebih dalam,” ujar Gauck.

Setelah rapat dengan Kikwete, Gauck mengadakan rapat pribadi dengna perwakilan organisasi masyarakat hingga kemudian dilanjutkan lawatan nya menuju gereja Lutheran 117 tahun di Azania front di Dar es Salaam. (mhs)