Soal Iklan Robot, Ahok: Kurang ajar banget

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama

POJOKSATU – Respon masyarakat Indonesia terkait iklan robot buatan Malaysia terus bermunculan. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, turut geram dengan keberadaan iklan robot pembersih di Malaysia itu.

Menurutnya, tulisan ‘Fire your Indonesian maid now!’ pada iklan yang tercetak di atas sebuah x-banner tersebut sangatlah tidak tepat, dan patut untuk dipermasalahkan.

“Nggak boleh ngomong suruh pecat gitu dong. Kurang ajar banget,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota Jakarta, Rabu, (4/02). Ahok pun meminta agar Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, tidak tinggal diam menghadapi masalah ini

“Itu urusannya Menlu deh,” ujar Ahok.


SEmentara itu, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri, langsung merespon pemberitaan tentang tulisan pada iklan dari produk iRobot di Malaysia. Ia telah menghubungi Menaker Malaysia, Dato Sri Richard Riot melalui pesan pendek (sms)

“Saya sudah sms menaker Malaysia untuk memberi perhatian, dan minta tolong agar ada upaya serius dari otoritas setempat guna penyelesaian masalah tersebut,” ucap Hanif, Rabu (4/02). (Ini Sms Menteri Hanif kepada Menaker Malaysia)

Seperti diberitakan sebelumnya, iklan tersebut dipasang di beberapa hotel dan pusat perbelanjaan. Kalimat yang tertulis di iklan itu menjadi pusat perhatian, karena membawa-bawa nama Indonesia.

Alat rumah tangga ini diproduksi oleh perusahaan robot yang bisa membersihkan lantai dan kolam renang. Perusahaan tersebut beralamat di Red Carpet Avenue, Kota Damansara, Petaling Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia. (ril)