Pemkot Bogor Bangun Taman Pakai Dana CSR

Taman rumah dinas walikota Bogor
Taman rumah dinas walikota Bogor
Taman rumah dinas walikota Bogor. Foto Rishaq/pojoksatu.id

POJOKSATU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) gencar membangun dan merevitalisasi taman untuk memujudwan keinginan Walikota Bogor, Bima Arya menjadikan Kota Hujan sebagai kota sejuta taman.

Saat ini,  DKP tengah menyelesaikan sebuah taman di depan Rumah Dinas (Rumdin) Bima Arya di Jl. Padjajaran yang sudah memasuki tahap akhir.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Yadi Cahyadi, taman di depan Rumdin itu murni dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang didapat dari pemilik layar besar di taman tersebut.

Yadi mengatakan taman itu akan menjadi identitas Kota Bogor. Dikatakan Yadi, selain taman di depan Rumdin, DKP juga akan merevitalisasi taman Air Mancur. Di taman tersebut nantinya akan dipasangi bangku-bangku untuk memanjakan warga Bogor saat berkunjung ke sana.


Taman Air Mancur seringkali menjadi sasaran empuk oknum tidak bertanggung jawab yang sering mencorat-coret gardu listrik yang terdapat disana. Maka dari itu, di sana juga akan dijadikan vertical garden untuk mencegahnya.

“Coret-coret susah sekali dicegah. Kita kan tidak mungkin menjaga taman 24 jam. Makanya nanti gardu itu kita pasang tanaman rambat untuk mencegah itu,” tegas Yadi, Rabu (4/2/2015).

Dana revitalisasi taman Air Mancur pun sama sekali tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Bogor. Melainkan dana CSR juga dari pemilik layar besar di sana.

Sebagai Kabid Pertamanan yang baru menggantikan Dian Heriawan, Yadi mengaku tidak kesulitan untuk beradaptasi karena sebelumnya ia merupakan Kasi Bidang Pertamanan Kota Bogor. (cr1)