Pemasang Iklan Penghina Indonesia Dipolisikan

iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline

POJOKSATU – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia telah melaporkan pemasangan iklan perusahaan pembuat alat iklan produk rumah tangga di Malaysia, yang menghina martabat Indonesia.

Iklan pembersih, RoboVac, itu terang-terangan menghina pembantu rumah tangga asal Indonesia dengan mencantumkan tulisan “Fire Your Indonesian Maid Now”. Jika diartikan, tulisan itu kurang lebih berarti “pecat pembantu Indonesia sekarang”, dan ganti dengan RoboVac.

Reaksi keras atas munculnya iklan penghina itu membuat KBRI gerak cepat. “KBRI telah menugaskan retainer lawyer untuk menemui pihak perusahaan dan melakukan analisis hukum guna melakukan langkah-langkah hukum selanjutnya,” demikian rilis dari KBRI Malaysia yang diterima wartawan, Rabu (4/2/2015).

KBRI Malaysia telah melakukan pengecekan kebenaran iklan itu. Dari hasil pengecekan, didapati iklan sebagaimana yang beredar di media sosial, tetapi letaknya sudah dipindahkan dan tidak lagi terlihat oleh publik.


Pada 3 Februari 2015, KBRI Malaysia mengirimkan nota protes kepada Kementerian Luar Negeri Malaysia atas beredarnya iklan pemasaran robot tersebut. Dalam nota keberatan itu, KBRI Malaysia menyampaikan penyesalan mendalam pemerintah.

KBRI telah meminta kepada Pemerintah Malaysia untuk mengambil langkah guna memastikan bahwa iklan produk apa pun yang bersifat rasialis dan mencederai perasaan bangsa Indonesia tidak terulang pada kemudian hari. (one)