Megawati Tak Setuju Jokowi Bentuk Tim Transisi

Presiden Jokowi

POJOKSATU – Kebijakan Jokowi disebut-sebut selalu diintervensi oleh politisi dari partai pengusung dan pendukung di pilpres 2014 lalu. Salah satu politisi yang dikabarkan intens mengintervensi Jokowi adalah
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Namun, tudingan itu dibantah oleh mantan Sekjen PDIP Pramono Anung. Ia menepis anggapan bahwa Megawati sering mengintervensi Jokowi. Salah satu buktinya adalah pembentukan Rumah Transisi oleh Jokowi.

“Perlu saya ungkapkan, Ibu Megawati itu tidak pernah setuju dengan ide Rumah Transisi. Makanya dia tidak pernah datang ke Rumah Transisi,” kata Pramono saat diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Rabu (4/2).

Rumah atau Tim Transisi ini dibentuk setelah KPU mengumumkan Jokowi-JK sebagai pemenang Pilpres. Tim ini bertugas mengawal transisi kepemimpinan dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono ke pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.


Walau begitu, Pram mengaku terlihat keputusan Jokowi untuk membuat rumah transisi yang dipimpin oleh Rini Soemarno itu didukung penuh oleh organ partai PDIP dan pendukung Jokowi.

“Walaupun memang gagasan ide Rumah Transisi tidak ada dalam konstitusi, tapi saat dideklarasikan Ibu Mega yang waktu itu di luar tidak pernah intervensi,” demikian Pram. (rmol/one)