Malaysia Sudah Diminta Cabut Iklan Pelecehan TKI

iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline

POJOKSATU – Kementerian Luar Negeri sudah melakukan upaya termasuk rencana langkah hukum terkait iklan yang melecehkan Tenaga Kerja INdonesia (TKI) di Malaysia.

“Intinya kita tidak suka seperti itu dan pendekatan hukum akan kita lakukan artinya itu kita anggap tidak etis baik pada tataran pemerintahan maupun kepada lembaga itu yang memiliki iklan itu,” tegas Wamenlu AM. Fachir di kantor kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/2).

Menurutnya, pemerintah Indonesia sudah meminta pemerintah Malaysia mencabut iklan itu. Indonesia, kata dia, juga sudah mengambil langkah hukum.

Semua langkah-langkah protes, kata Fachir, dilakukan melalui jalur diplomatik antarkedua negara, meski perusahaan yang mengiklankan adalah perusahaan swasta.


“Yang jelas kita sudah datangi kan. Kami akan mempertimbangkan langkah hukum. Kami meminta nasehat dari lawyer kita di sana,” tandas Fachir.

Seperti diwartakan sebelumnya, iklan produk rumah tangga di Malaysia sangat mengganggu warga negara Indonesia. Iklan standing banner tersebut terang-terangan menghina pembantu rumah tangga asal Indonesia.

Iklan itu bertuliskan, “Leading RoboVac Specialist, Fire Your Indonesian Maid NOW”. Jika diartikan, kalimatnya berarti “Pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk kami”.(flo/jpnn/ril)