Lindungi KPK, Setkab Siapkan Perppu

Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto

Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto

POJOKSATU – Semakin berlarut-larutnya polemik antara Polri dan Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK), pemerintah pun berinisiatif untuk melindungi KPK melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu)

Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto mengaku sudah menyiapkan draft rancangan Perppu tersebut. Hal itu dilakukan karena KPK dianggap mulai goyah akibat berbagai dugaan kriminalisasi terhadap semua pimpinan KPK.

Menurut Andi, jika kondisi pemberantasan korupsi makin darurat, maka berdasarkan UU, presiden memang harus mengeluarkan perppu.

“Jika dalam kondisi yang berdasarkan UU sekarang mengharuskan presiden mengeluarkan Perppu‎ untuk memastikan pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK tetap jalan, konsep Perppu sudah siap. Jadi tinggal presiden perintahkan kami untuk menggunakan konsep yang mana,” kata komandan di Sekretariat Kabinet (Setkab) itu, Selasa (3/2) malam.

Menurut Andi, semua alternatif sudah disiapkannya jika presiden sudah memutuskan penyelesaian tersebut. Andi mengaku draft perppu itu disiapkan dengan menampung semua opsi yang ada di masyarakat tentang masalah KPK ini.

“Kami tinggal tunggu perintah presiden alternatif apa yang akan dipakai,” tandas Andi.(flo/jpnn/ril)

Feeds