KPK: Sebelum Jam 12 Nanti, Penyidik Bareskrim Sudah Kembalikan Akil Mochtar

Akil Mochtar
Akil Mochtar
Akil Mochtar

POJOKSATU-Akil Mochtar ternyata telah dibawa ke Kantor Bareskrim Mabes Polri Jakarta. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu untuk bersaksi dalam perkara yang menjerat Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.

“Akil dibawa hari ini untuk diperiksa sebagai saksi. Jam 8 malam tadi,” kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, malam ini, Rabu (4/2).

Izin yang dipakai penyidik Bareskrim untuk menggarap Akil merupakan tembusan dari Mahkamah Agung (MA). Soalnya, Akil saat ini sedang menjalani proses kasasi yang kuasanya di bawah MA.

Priharsa bilang, pemeriksaan Akil oleh penyidik Bareskrim tak akan berlangsung lama. “Sebelum jam 12 sudah dikembalikan (Rutan KPK),” tandas Priharsa.


BW dijerat Pasal 242 juncto Pasal 55 KUHP, dengan ancaman tujuh tahun penjara, sebagai buntut laporan politisi PDIP, Sugianto Sabran. BW sempat ditangkap Bareksrim pada Jumat 23 Januari lalu, yang menimbulkan aksi massa untuk memberi dukungan kepada KPK dan protes pada Polri.

BW disangka terkait kasus memerintahkan memberikan kesaksian palsu dalam persidangan sengketa pilkada Kotawaringin Barat (Kobar), di Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2010.

Dalam kasus ini sudah ada yang dipidana yaitu Ratna Mutiara. Ia dulu ditangkap Bareskrim dan diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan dakwaan memberikan keterangan palsu di MK dan divonis lima bulan penjara. Ratna telah membantah bahwa kesaksiannya diarahkan oleh BW. (zul)