Jajaki Bumi Blambangan, Turis Lokal Ini Malah Kecewa dengan Pantai Merah

Pantai Merah
Pantai Merah
Pantai Merah

POJOKSATU- Pantai Merah yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur seolah menjadi magnet wisata yang hangat dibicarakan di media massa pada tahun 2014 lalu. Sejumlah acara dan kegiatan pun kerap digelar di pantai yang letaknya berdekatan dengan Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran itu demi memikat wisatawan.

Sebutan Pantai Merah itu sendiri terdiri dari berbagai versi. Legenda warga setempat menyebut bahwa dahulu kala ada cahaya merah yang terpancar dari depan pantai tersebut. Versi lain menyebutkan warna kemerahan akan terlihat bila kita memandang dari jarak 200 meter ke pantai.

Namun seorang wisatawan yang pernah beberapa kali menginjakkan kaki di Pantai Merah, Endang Prih, justru menuturkan kekecewaanya.

“Menurutku namanya lebih cocok Pantai Payung Merah,” ucap wanita berusia 31 tahun itu (Rabu, 4/2).


Wanita yang menyebut dirinya sebagai tukang piknik itu mengaku, awalnya penasaran dengan Pantai Merah karena marak diperbincangkan di media sosial. Oleh karena itu, saat perhelatan Banyuwangi Beach Jazz Festival pada 6 Desember 2014 lalu, Endang pun kembali menginjakkan kakinya untuk ketiga kali di Bumi Blambangan itu. Kesempatan itu pun ia gunakan untuk mengunjungi Pantai Merah.

Namun hasinya di luar perkiraan wanita berambut pendek itu.

“Aku tidak suka Pulau Merah karena ekspektasiku kan melihat pasir yang merah. Tapi yang merah itu hanya payung pantai yang ada di pinggir pantai,” ungkapnya.

Tak hanya itu, minimnya sarana dan prasarana pendukung wisata di Pantai Merah juga jadi bahan kritikan Endang. Menurutnya, saat menyusun wisata ke Pantai Merah, ia kesulitan mendapatkan informasi penunjang lainnya mengenai tempat wisata tersebut.

“Minim sekali informasi yang bisa diakses. Jadi sulit mengetahui mau naik apa dari spot wisata satu ke wisata lainnya. Termasuk ke Pantai Merah ini,” katanya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tengah gencar-gencarnya memasarkan kawasan wisata Pantai Merah. Sejumlah acara juga diadakan di tempat ini, diantaranya red island international surfing competition pada Mei 2014 lalu.

Pantai ini disebut-sebut memiliki magnet wisata bagi peselancar karena memiliki ombak bergulung setinggi dua meter. (mel)