Inilah 7 Universitas Hijau Milik Indonesia

Gedung IPB
Kampus IPB
IPB. Foto: fisika ipb
IPB. Foto: fisika ipb

POJOKSATU – Banyaknya kerusakan yang terjadi di lingkungan menjadikan perhatian dari ruang publik untuk melestarikan lingkungan tempat kita tinggal. Hal ini juga tak hanya dilakukan oleh organisasi-organisasi peduli lingkungan.

Beberapa universitas juga mendukung kepedulian terhadap lingkungan dengan cara menerapkan sistem go green. Universitas mana sajakah? Berikut adalah 7 Universitas hijau milik Indonesia:

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB telah berhasil menerapkan sistem go green di lingkungan kampusnya untuk membantu mengurangi kerusakan yang terjadi di lingkungan sekitar, tidak heran bila IPB berhasil mengusung go green di lingkungan kampus mereka karena IPB memiliki visi yang selaras dengan pemberdayaan lingkungan hidup. IPB memiliki sejumlah kampus hijau di Kota Bogor, yaitu di Darmaga, Baranangsiang, Gubunng Gede, Cilibende serta di Taman Kencana.


2. Universitas Indonesia (UI)

UI adalah kampus pertama yang berhasil mengusung sistem go green dalam lingkungan sekitarnya. Kampus yang terletak di kota Depok ini hampir 75 persen dari 320 hektar luas wilayah kampusnya adalah area hijau, sisanya digunakan untuk sarana akademis, kemahasiswaan dan riset. Kampus yang memiliki almamater kuning ini juga memiliki delapan danau dan berhektar-hektar hutan kota.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

70 persen dari luas areal kampus yang besarnya sekitar 180 hektare, telah membuat ruang terbuka hijau dengan menanam sekitar 14.500 pohon di wilayah kampus Undip untuk membantu melestarikan lingkungan hidup, maka tak heran jika kampus ini masuk dalam daftar urutan kampus hijau milik Indonesia.

4. Universitas Andalas (Unand)

Kampus yang rajin mengenalkan pada lingkungan sekitar, khususnya mahasiswa di kampusnya untuk menggalakkan kegiatan yang berbasis pada sumber daya hijau ini berhak untuk mendapatkan penghargaan sebagai kampus hijau karena telah mengusung gerakan menanam satu miliar pohon.

5. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Kampus yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai perlindungan dan pelestarian sumberdaya alam ini termasuk kampus yang dinobatkan sebagai salah satu kampus hijau milik Indonesia.

6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

ITS menunjukkan komitmen dalam mengelola kampusnya untuk membudidayakan lingkungan. Hal ini ditunjukkannya dalam kegiatan ECO-Campus, yang mengusung kepedulian dalam membudayakan lingkungan secara sistematis dan berkesinambungan. Maka, ITS patut untuk dinobatkan sebagai universitas hijau milik Indonesia.

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Green Techno Art Campus, adalah kampus hijau yang dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektare oleh Universitas teknologi terbaik milik Indonesia, ITB, berfokus pada pengembangan teknologi yang bisa mendukungnya ke arah lingkungan dan biologi. Di lahan itulah ITB membangun fasilitas penunjang pembelajaran bagi mahasiswa seperti gedung penelitian, Techno Park, Science Park, Art Park, beserta prasarana penunjang kegiatan lainnya.

Itulah daftar beberapa universitas yang mengusung kepedulian tentang lingkungan hidup. (zul)