Ini Komentar Obama Atas Video ISIS Bakar Hidup-hidup Pilot Yordania

Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Presiden Amerika Serikat Barack Obama
Presiden Amerika Serikat Barack Obama

POJOKSATU- Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengomentari tayangan video eksekusi mati pilot Yordania, Letnan Satu Moaz al-Kasasbeh, yang dibakar hidup-hidup oleh militan Islamic State atau ISIS.

Obama menyebut eksekusi mati terbaru sandera ISIS itu sebagai bukti “kejahatan dan kebiadaban” kelompok tersebut. Meski begitu, Obama mengakui bahwa Dewan Keamanan Nasional AS sedang bekerja untuk mengkonfirmasi keaslian video.

“Ini hanya salah satu indikasi kekejaman dan kebiadaban organisasi ini (ISIS). Saya pikir itu akan melipatgandakan kewaspadaan dan tekad koalisi global untuk memastikan bahwa ISIS akan dikalahkan,” lanjut Obama, dikutip dari Washington Post.

Obama, yang berbicara di Gedung Putih sebelum pertemuan dengan kumpulan warga yang menulis surat kepadanya, juga menyebut ISIS sebagai organisasi yang hanya tertarik pada “kematian dan kehancuran”.


Sementara itu Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan, Wakil Presiden AS, Joe Biden, dijadwalkan untuk makan siang dengan Raja Abdullah dari Yordania, yang berada di Washington pada Selasa (3/2) waktu setempat. Tak menutup kemungkinan pertemuan itu akan membahas perkembangan terbaru tersebut.

Earnest menegaskan, video tersebut tidak akan mengubah misi AS untuk menyelamatkan para sandera asal AS yang ditahan ISIS. Earnest juga menyatakan simpati dan doa kepada keluarga pilot Moaz al-Kasasbeh.

“Ada pilot militer Yordania yang mempertaruhkan hidup mereka dalam serangan udara terhadap ISIS di Suriah. Dan mereka melakukan hal itu bersama pilot militer AS. Dan itu merupakan kontribusi yang cukup besar dari Yordania,” ucapnya. (ald)