Fadli Zon: Perpanjang Izin Freeport Sama Dengan Korupsi

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

POJOKSATU – Wakil Ketua DPR Fadli Zon, menilai perpanjangan izin ekspor PT Freeport sama dengan tindak pidana korupsi. Ia mengatakan, Sudirman Said menyalahi undang-undang karena perpanjangan izin ekspor untuk Freeport jelas-jelas menguntungkan pihak asing.

“Kasus Freeport itu saya kira menyalahi undang-undang dan menguntungkan asing. Itu salah satu tindakan korupsi sebenarnya. Kan menguntungkan pihak lain itu, korupsi kebijakan dan ini korupsi besar-besaran,” kata Fadli di gedung DPR, Rabu (4/2).

Karena itu, Fadli mendukung bila Presiden Jokowi melakukan evaluasi terhadap kinerja Sudirman sebagai menteri ESDM. “Menurut saya kalau dia melakukan itu harus dievaluasi dong, menyalahi undang-undang,” tandasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Menteri ESDM Sudirman Said telah membuat kesalahan terkait perpanjangan izin ekspor bagi PT Freeport Indonesia. Hal itu pula yang diungkapkan Jokowi saat menerima kunjungan para pimpinan DPR di Istana Negara, Senin (2/2) lalu.


Fadli mengatakan, Jokowi mengaku menghadapi dilema soal Freeport. “Memang ada dilema, ini menabrak undang-undang. Tapi Pak Jokowi mengatakan bahwa dia tidak terlalu mendalami masalah itu (Freeport). Itu omongannya. Tapi dia belakangan mengakui bahwa itu adalah suatu kesalahan,” tambahnya.(fat/jpnn/ril)