Dilecehkan Lewat Iklan, Menteri Hanif Langsung Hubungi Menaker Malaysia

iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline
iklan produk malaysia, iklan hina indonesia, iklan, headline

POJOKSATU – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri, langsung menghubungi Menaker Malaysia, Dato Sri Richard Riot, terkait tulisan pada iklan dari produk iRobot di Malaysia.

“Saya sudah sms menaker Malaysia untuk memberi perhatian, dan minta tolong agar ada upaya serius dari otoritas setempat guna penyelesaian masalah tersebut,” ucap Hanif, Rabu (4/02).

Hanif sangat menyayangkan kemunculan iklan tersebut. Menurutnya, hal itu sangat melukai perasaan warga Indonesia, terutama para TKI.

“Iklan semacam itu bisa mengganggu hubungan baik Indonesia-Malaysia selama ini. Saya sudah kirim pesan langsung kepada kolega saya, Dato Sri Richard Riot, agar memberi perhatian terhadap masalah tersabut. Saya berharap beliau bisa membantu menanganinya secara serius untuk kebaikan hubungan kedua negara. Dan respon beliau positif,” jelasnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, kemasan tersebut mencantumkan tagline ‘Fire Your Indonesian Maid Now’ yang dianggap melecehkan. Dalam bahasa indonesia, kalimatnya bisa berarti “Pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk kami”.

Iklan tersebut dipasang di beberapa hotel dan pusat perbelanjaan. Kalimat yang tertulis di iklan itu menjadi pusat perhatian, karena membawa-bawa nama Indonesia.

Alat rumah tangga ini diproduksi oleh perusahaan robot yang bisa membersihkan lantai dan kolam renang. Perusahaan tersebut beralamat di Red Carpet Avenue, Kota Damansara, Petaling Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia. (ril/one)