Asyik… KA Cianjur-Padalarang Ada Lagi

KA di atas jembatan cisokan 2

POJOKSATU – Kabar gembira bagi masyarakat Cianjur yang hendak berpergian ke Padalarang. Pasalnya, PT KAI berencana untuk mengoperasikan Kereta Api (KA) Perintis yang direncanakan akan melintas di sepanjang jalur Cianjur-Padalarang.

Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Zunerfin menerangkan, KA Perintis akan menjadi pengganti KA lokal Ciroyom- Padalarang- Cianjur. Bukan tanpa alasan, penggantian KA itu karena selama dua tahun terakhir tidak lagi beroperasi.

Ia mengaku, saat ini PT KAI tengah terbentur kendala jalur di Jembatan Cisokan, Kecamatan Ciranjang. Untuk itu, pihaknya kini rutin melakukan pemeliharaan jalur.


Secara teknis, area lahan jalur KA di wilayah itu akan tetap dipertahankan dalam kawasan sepanjang 12 meter. “12 meter harus bebas dari bangunan. Sekarang sedang melakukan penertiban juga di Stasiun Ciranjang,” ujarnya kepada Radar Cianjur (Grup Pojoksatu.id).

Dia menjelaskan, pihaknya masih melakukan kajian dan pertimbangan seperti sarana dan prasarana penunjang pengoperasian kereta api. “Untuk jumlah gerbong kami belum tentukan formasinya. Lokomotifnyapun nanti akan menyesuaikan dengan kondisi jalur,” paparnya.

Ia berharap, segala persiapan dapat berjalan dengan matang. “Semoga bulan depan kereta sudah dapat beroperasi,” ungkapnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cianjur, Aban Subandi menyambut baik kabar gembira itu.

Baginya, KA mampu menjadi salah satu solusi kemacetan yang kerap terjadi di sejumlah wilayah Cianjur. Tak hanya itu, melalui pengoperasian KA, maka perkembangan ekonomi di Cianjur dapat semakin meningkat.

Terkait kebijakan harga tiket, Aban belum bisa beragumen banyak. “Semoga tidak terlalu mahal sehingga mampu menjadi alternatif transportasi masyarakat Cianjur,” tuturnya.(yaz/dep)