Ada Setoran Liar di HI, Kadishub DKI Tak Mau Disalahkan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU- Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Benjamin Bukit tidak terima saat anak buahnya dituduh melakukan aksi pungutan liar (pungli) terhadap para supir metromini diseputaran Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“Buktinya mana? Jangan sembarangan menuduh!” Ujar Benjamin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Rabu (4/2).

Namun, Benjamin mengaku bahwa ia sudah melihat video amatir berdurasi 31 menit yang menggambarkan salah satu supir metromini meletakkan uang ke dalam sebuah pot berukuran besar di dekat Bundaran HI.

“Iya sudah lihat videonya. Tapi belum tentu pungli. Ada petugas Dishub yang ambil? Tangkap tangan baru pungli,” kilahnya.


Ia pun tidak terima dengan tudingan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bila ada aksi pungli oleh petugas Dishub disejumlah titik di Jakarta.

“Jangan sembarangan nuduh dong,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Aksi setoran liar sejumlah pemilik angkutan umum Metromini ke petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang bertugas di Bundaran Hotel Indonesia (HI) mendapat kecaman keras dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pria yang akrab disapa Ahok itu berjanji akan memecat Kepala Dishub DKI Benjamin Bukit bila hal serupa masih terjadi. Menurutnya, hal semacam ini sudah cukup membuatnya gerah.

Ahok juga mengeluhkan aksi pungli semacam ini. Karena dari informasi yang ia peroleh, aksi pungli oleh petugas Dishub tidak hanya terjadi disekitar Bundaran HI saja.

“Lama-lama saya pecat semua orang Dishub,” kata Ahok. (sim)