Rismaharini Jadi Walikota Terbaik Ketiga di Dunia

RISMAHARINI
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

POJOKSATU – Di dalam negeri, sosok Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sudah tak asing lagi. Ia berhasil menyita perhatian publik dengan sejumlah program dan kegiatannya yang pro rakyat. Karena perhatiannya yang tinggi atas pelayanan terhadap masyarakatnya, ia berhasil dinobatkan pada posisi ke tiga walikota terbaik dunia, berdasarkan penilaian The City Mayors Foundation.

Seperti dilansir The City Mayors Foundation dalam situs resminya, Risma juga dinobatkan sebagai Walikota Terpuji karena layanan yang telah diberikannya kepada warga Surabaya.

“Kebijakan Walikota Risma telah memanfaatkan lahan kosong dan terbuka dengan baik. Sampai saat ini ada sekitar 11 taman di Surabaya dengan tema yang berbeda. Banyak taman yang dilengkapi dengan akses Wi-Fi, perpustakaan, tempat fitnes dan olahraga. Tidak seperti Jakarta, Surabaya tidak pernah dilanda banjir dalam kurun 3 tahun terakhir,” tulis The City Mayors Foundation, dalam situs World Mayor, Selasa, (3/02).

Dari 10 rangking yang ada, Risma menduduki peringkat tiga di bawah Walikota Calgary, Kanada, Naheed Nenshi serta Wali Kota Ghent, Belgia, Daniel Termont.


World Mayor menjelaskan bahwa ajang ini merupakan inisiatif dari City Mayors Foundation dengan tujuan mempublikasi profil wali kota di seluruh dunia yang memiliki kotribusi besar secara positif bagi komunitas mereka.

Semua kandidat harus memenuhi beberapa kualifikasi, seperti kejujuran, kepemimpinan dan visi, kemampuan manajemen yang baik, kesadaran sosial dan ekonomi, kemampuan menyediakan keamanan dan perlindungan terhadap lingkungan, serta memiliki keahlian dalam menghubungkan komunitas yang berbeda, baik budaya, ras dan latar belakang sosial.

“World Mayor Project dan The City Mayor Foundation tidak memiliki koneksi dengan organisasi atau kota atau yang terkait lainnya. Yayasan ini didanai dan dikelola secara mandiri dengan keahlian masing-masing anggotanya. Kami tidak mencari sponsorhip, iklan, langganan, donasi atau pendapatan lainnya. Jika pun ditawarkan maka kami tolak,” tulis mereka.

Selain Nenshi, Termont dan Risma, masih ada tujuh wali kota lainnya yang masuk dalam 10 besar. Berikut daftar lengkapnya.

1. Naheed Neshi, Wali Kota Calgary, Kanada
2. Daniel Termont, Wali Kota Ghent, Belgia
3. Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya, Indonesia
4. Carlos Ocariz, Wali Kota Sucre, Venezuela
5. Jet Patrick Mabilog, Wali Kota Iloilo, Filipina
6. Albrecht Schroter, Wali Kota Jena, Jerman
7. Annise Parker, Wali Kota Houston, Amerika
8. Yiannis Boutaris, Wali Kota Thessaloniki, Yunani
9. Giusy Nicolini, Wali Kota Lampedusa, Itali
10. Aziz Kocaoglu, Wali Kota Izmir, Turki.
(ril)