Akil Bakal Diperiksa Terkait Kasus BG

Mantan Ketua MK, Akil Mochtar

Mantan Ketua MK, Akil MochtarPOJOKSATU– Terkait kasus Bambang Widjayanto, Bareskrim Mabes Polri berencana memeriksa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) VI Kombes Daniel Bolly Tifaona mengungkapkan hal tersebut sangat dimungkinkan.

Menurutnya, Akil bisa diperiksa terkait kapasitasnya sebagai bekas hakim yang memimpin persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, di MK tahun 2010 lalu.

“Memang belum ada agenda. Tapi pemeriksaan terhadap Akil mungkin dilakukan karena kaitannya dengan kasus ini,” kata Bolly, Selasa (3/2).

Dijelaskannya, melalui keterangan Akil, penyidik bisa mendapat gambaran mengenai proses persidangan tersebut. Namun belum bisa pastikan apakah Akil nantinya akan dikonfrontir dengan Bambang.


Selain itu, Bolly juga memastikan bahwa pihaknya telah melayangkan pemanggilan terhadap Bupati Kotawaringin Barat Ujang Iskandar. Pemeriksaan dijadwalkan berlangsung Rabu besok (4/2).

“Surat Panggilan sudah kita berikan, mudah-mudahan bisa hadir,” kata mantan Wadir Krimum Polda Metro Jaya ini.

Seperti diketahui, Bambang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus memengaruhi saksi agar memberikan keterangan palsu dalam sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat di MK. (dil/jpnn/ril)

Mantan Ketua MK, Akil Mochtar