KPK Tidak Hadiri Sidang Praperadilan BG, Sidang Ditunda

ILUSTRASI
ILUSTRASI
ILUSTRASI

POJOKSATU-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa hadir dalam sidang praperadilan Komjen Budi Gunawan (BG) di Pengadilan Jakarta Selatan hari ini (2/2). Akibatnya, sidang ditunda hingga pekan depan, Senin 9 Februari 2015.

Ketidakhadiran tersebut menurut Deputi PencegahanĀ KPK, Johan Budi, disebabkan pihaknya baru menerima perubahan gugatan perkara pada Kamis malam kemarin. Waktunya sangat mepet untuk mempelajari naskah gugatan.

Sementara itu, terkait penundaan tersebut, ketika diberi kesempatan, salah seorang kuasa hukum BG Maqdir Ismail , meminta agar penundaan tidak dilakukan hingga memakan waktu satu minggu. Sebab asas peradilan harus dilakukan dalam waktu cepat dan efisien. Ia juga meminta untuk membacakan materi gugatan pada saat itu.

Menanggapi hal tersebut, hakim tunggal kasus praperadilan BG, Sarpin Rizaldi, mengatakan pihaknya tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, sebab butuh waktu untuk membuat putusan. “Coba anda bayangkan kalau hakim membuat putusan dalam waktu hanya 2 hari,” katanya.


Menurutnya, jika materi gugatan sudah dibacakan, artinya proses sidang sudah dimulai sementara pihak tergugat tidak bisa mengikuti persidangan. “Maaf, kami tidak bisa memenuhi permintaan itu. Ini harus menggunakan pendekatan pidana, bukan ketentuan hukum acara perdata,” katanya.

Dalam ketentuan hukum acara pidana kata dia, sidang ditunda hingga 7 hari setelah pihak termohon diperiksa. Ia berharap, pemberitaan hasil sidang pada hari ini sekaligus sebagai pemberitahuan. Meski demikian, KPK akan kembali disurati terkait sidang kedua pekan depan. “Waktunya tetap sama, saya beri toleransi hanya 1 jam,: katanya. (ril)