Kemenhukam Usut Surat Keterangan Bebas Labora Sitorus

labora sitorus
Labora Sitorus
Labora Sitorus
Labora Sitorus

POJOKSATU – Masih ingat Labora Sitorus? Ajun Inspektur Satu di Polres Raja Ampat-Papua Barat yang memiliki rekening gendut sebesar Rp 1,5 Triliun. Saat ini ia dinyatakan bebas karena telah mengantongi surat bebas hukum.

Hal tersebut dibenarkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemehukam) Handoyo Sudrajat. Meski begitu, keabsahan surat bebas tersebut sedang diselidiki. “Benar,” kata Handoyo melalui pesan pendek saat dihubungi, Senin (2/02).

Atas perintah Kemenhukan Yasonna Laoly, surat keterangan bebas itu diusut. “Kami sedang menyelidikinya,” kata Handoyo. Dalam catatannya, surat itu dimiliki Labora sejak 24 Agustus 2014. Saat ini, Labora masuk daftar pencarian orang alias buron Kejaksaan Negeri Sorong, Provinsi Papua Barat.

Menurut Kepala Lembaga Permasyarakatan Sorong, Maliki Hasan, Labora keluar dari Lapas Sorong pada 17 Maret 2014 dengan alasan sakit. Saat itu, pihak keluarga membawa Labora ke Rumah Sakit Angkatan Laut Sorong untuk berobat. Menurut hasil pemeriksaan dokter, Labora menderita sakit pinggang dan kaki kanan kesemutan. Setelah berobat, Labora tak kembali ke Lapas Sorong. Maliki mengaku tak mengetahui alasan Labora tidak kembali ke bui karena baru menjabat Kepala Lapas Sorong dua bulan lalu.(ril)