Ini 3 Kampus Terbaik di Indonesia Versi Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Pertumbuhan kampus di dunia dan di tanah air sendiri semakin pesat. Bisa jadi, ini dipicu dengan tingginya minat masyarakat atas pendidikan. Namun di tengah persaingan yang begitu ketat, tak banyak kampus yang mampu memberi pelayanan yang baik terhadap pengguna jasa layanan pendidikan.

Berdasarkan survey terbaru, di indonesia ada tiga kampus yang bersaing masuk dalam peringkat dunia, berada pada posisi rangking seratusan.

Seperti dilansir dari situs webometrics.info, berikut ulasan singkat 3 kampus di Indonesia yang masuk urutan terbaik dunia.

1.Universitas Gadjah Mada (UGM)


Kampus yang didirikan pada 19 Desember 1949 ini masuk pada posisi 414 untuk urutan dunia. Walaupun posisinya jauh dari rangking 100, namun Indonesia boleh berbangga karena masih ada ribuan kampus di dunia yang berada di bawahnya. Kampus yang awalnya hanya memiliki enam fakultas ini, peletakan batu pertamanya dilakukan presiden RI Pertama, Sukarno, setelah dua tahun menjalankan proses belajar mengajar. Kini, kampus di kota pelajar Yogyakarta ini sudah mempunyai 18 fakultas dan menerima ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di tanah air, bahkan dari luar negeri.

2.Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) termasuk favorit di kalangan pelajar dalam negeri. Setiap tahun, puluhan ribu lulusan SMU berkompetisi masuk di universitas yang kampus pertamanya beralamat di Jalan Salemba Jakarta Pusat ini. Pada rangking dunia, universitas bersejarah yang dulunya dikenal dengan nama Stovia ini berada pada posisi 532.

Awalnya, kampus yang sudah melakukan aktivitas belajar mengajar pada masa penjajahan ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter di Hindia (nama Indonesia di masa penjajahan Belanda). Karena itu, pada awal dibangun tahun 1849, UI dimulai dengan satu jurusan, yakni kedokteran. Dalam perjalananya, baru pada 1955 pemerintah Indonesia resmi menamakan kampus itu sebagai Universitas Indonesia.

3. Institut Teknologi Bandung

Kampus yang menjadi tempat belajar Presiden Sukarno ini resmi berubah nama menjai Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi berdiri sejak 1959, setelah diubah dari nama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng). Untuk posisi pada rengking dunia, ITB menempati urutan ke 622. Sebagai jaminan, ITB memiliki tujuh program studi bertaraf internasional dan terakreditasi ABET, salah satu lembaga akreditasi independen dari Amerika Serikat. (ril)