Deadline Pelantikan Kapolri 4 Februari

Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

POJOKSATU – Polemik soal pengangkatan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri hingga kini belum menunjukkan titik terang. Sementara tenggat waktu untuk melantik calon Kapolri tinggal 2 hari lagi.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKS, Fahri Hamzah, mengatakan pihaknya sedang berusaha mencari jalan untuk memberikan masukan, solusi terbaik bagi presiden untuk mengambil keputusan setelah putusan praperadilan.

“Ini kan ada persoalan. Undang-undang Kepolisian menyebutkan harus dilantik dalam 20 hari. Karena surat persetujuan dikirim 15 Januari lalu, jadi jatuh deadline-nya 4 Februari. Apa keputusan hukum kira-kira kalau belum dilantik tanggal 4 itu,” ujar Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fahri Hamzah, di Jakarta Senin (2/02).

Sementara itu, Ketua DPR Setya Novanto mengaku telah menerima kunjungan penasihat presiden terkait pelantikan Kapolri.


“Saya telah menerima kunjungan penasihat presiden, tentu untuk memberi pendapat dan masukan-masukan berharga terkait kita mendukung KPK dan Kepolisian agar semuanya berjalan,” kata Setya Novanto.

Wakil Ketua DPR lainnya dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon, menambahkan bahwa pihaknya berdiskusi dengan pihak Wantimpres, agar Presiden Jokowi tidak menyimpang dari Konstitusi. Anggota Wantimpres, Subagyo HS, juga menyatakan pihaknya sedang berusaha keras mencarikan solusi terbaik yang akan diajukan kepada Presiden Jokowi.(ril)