Inilah Calon Kapolri Pengganti Budi Gunawan

Irjen Budi Waseso mendatangi Komnas HAM
Irjen Budi Waseso mendatangi Komnas HAM
Irjen Budi Waseso mendatangi Komnas HAM

POJOKSATU – Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Irjen Budi Waseso digadang-gadang menjadi calon kapolri baru menggantikan Komjen Budi Gunawan (BG).
Di lingkungan Mabes Polri, Budi Waseso dikenal sebagai orang dekat BG.

Kabar Budi Waseso akan menjadi Kapolri sudah santer terdengar. Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan menuturkan, memang sebenarnya kemungkinan Budi Waseso menjadi Kapolri itu cukup besar. Pasalnya, Budi Waseso sebenarnya sudah menjadi jenderal bintang tiga.

”Dewan jabatan telah memproses agar Budi jadi bintang tiga, itu sejak dia menjabat Kabareskrim,” paparnya di Jakarta Sabtu (31/1).

Mungkin dalam waktu dekat Budi sudah memiliki pangkat komjen. Dengan begitu, peluang untuk menjadi Kapolri sangat terbuka. ”Namun, Kompolnas ini belum mengajukan lho,” ujarnya.


Kepastian pengusulan calon Kapolri, lanjut dia, akan menunggu proses praperadilan. Kalau hasil praperadilan itu tidak mengubah status tersangka Budi Gunawan, sangat mungkin pengajuan calon Kapolri baru akan dilakukan. ”Semuanya harus bersabar,” terangnya.

Terkait track record Budi Waseso, dia enggan berkomentar banyak. Yang pasti, jenderal bintang tiga secara administratif pasti akan memenuhi kriteria. ”Masih ada persyaratan lain yang perlu dicek. Tapi, kalau dipastikan ada pengajuan Kapolri, baru dilakukan pengecekan tersebut,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan Budi Waseso? Calon besan Budi Gunawan itu enggan berkomentar saat dikonfirmasi terkait kabar dirinya menjadi calon Kapolri. Dia mengatakan bahwa sebaiknya masalah itu jangan diarahkan ke isu tersebut. ”Jangan dipelesetin ke sana. Sekarang ini saya yang penting bertugas dengan baik,” jelasnya.

Budi Waseso memang sedang fokus pada proses hukum terhadap pimpinan KPK Bambang Widjojanto. Penyidik sedang mendalami kasus tersebut. ”Kalau soal BW ditahan atau tidak, bergantung penyidik semua. Saya hanya mengawasi jalannya benar atau tidak,” tuturnya.

Perlu diketahui, Budi Waseso merupakan Kabareskrim yang mengeluarkan surat penahanan terhadap Bambang Widjojanto kendati Plt Kapolri Badrodin Haiti sempat menyatakan tidak akan menahan Bambang. Saat itu banyak pihak menilai Budi Waseso tidak menghiraukan perintah Badrodin Haiti. (idr/c10/kim)