Dituding Paling Ngebet, Mega Diminta Buka-Bukaan

Megawati Soekarnoputri.
Megawati Soekarnoputri.

POJOKSATU – Penunjukkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon tunggal kapolri selalu dikaitkan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Presiden ke-4 RI itu disebut-sebut sebagai orang yang paling ngebet BG menjadi Kapolri.

Karena dorongan Mega lah akhirnya Presiden Joko Widodo mengajukan nama Budi ke DPR sebagai satu-satunya calon Kapolri.

Pengamat politik Alfan Alfian menilai, wajar jika banyak anggota masyarakat yang memercayai isu tersebut. Pasalnya, tidak bisa disangkal bahwa Mega dan Budi memiliki hubungan yang baik.

“Karena Budi bekas ajudan Mega, jadi tidak salah kalau publik mempunyai persepsi tersendiri,” ujar Alfan dalam diskusi di Jakarta, Minggu (2/1).


Menurutnya, jika isu tersebut tidak benar, PDI Perjuangan perlu mengambil langkah yang benar-benar serius untuk menyangkalnya. Pasalnya, citra Budi yang pernah menjadi ajudan Megawati itu tengah tercoreng akibat tuduhan korupsi yang dialamatkan KPK kepadanya.

Sayangnya, lanjut Alfan, persepsi publik tentang kedekatan Mega dan PDIP dengan Budi sudah terbentuk sangat kuat. Karena itu, tidak cukup jika hanya petinggi PDI Perjuangan yang menyampaikan bantahan atau sangkalan. Menurutnya,  Megawati langsung lah yang harus turun tangan memberikan klarifikasi.

“Bu Mega harus bicara sendiri kepada publik, agar tidak ada lagi pertanyaan,” kata Alfan.

Alfan yakin, jika Megawati sudah menjelaskan soal posisinya dalam pencalonan Budi Gunawan, publik akan menerima dengan positif dan PDI Perjuangan pun tidak lagi terseret-seret masalah tersebut.

“Kalau Bu Mega angkat bicara maka isunya akan menggeser ke kualitas kepemimpinan jokowi,” pungkasnya. (dil/jpnn/one)