60 Jenazah Bom Masjid Dikubur Massal

Korban bom masjid dikubur massal
Korban bom masjid dikubur massal
Korban bom masjid dikubur massal

POJOKSATU – Masjid Syiah di Pakistan Selatan menjadi sasaran bom bunuh diri saat para jamaahnya sedang melaksanakan ibadah salat Jumat. Sedikitnya 60 jamaah tewas dalam peristiwa tersebut. Puluhan lainnya menderita luka serius.

Para korban tewas dimakamkan massal pada Sabtu (31/1). Serangan tersebut diduga dilancarkan oleh militan Sunni dari Taliban.

Serangan tersebut menimbulkan kemarahan kelompok Syiah. Mereka tumpah ruah ke jalan sambil membakar ban dan memblokir jalan-jalan di Kota Shikarpur, di mana serangan itu terjadi. Protes juga terjadi di kota-kota lain. Mereka menuntut penangkapan otak di balik serangan mematikan tersebut.

Polisi mengatakan bahwa pelaku meledakkan bom yang dililitkan di tubuhnya di tengah masjid. Dari 60 korban meninggal, empat di antaranya merupakan anak-anak.


Seorang pejabat polisi di Sindh, Raja Umar khitab  mengatakan, “Pembom itu memilih masjid dan menyebabkan kerusakan parah”.

Dia menambahkan, bom mengandung pelat baja, bantalan bola dan pecahan peluru untuk memaksimalkan kerusakan.

Serangan di Pakistan selama lebih dari satu dekade terakhir mengalami peningkatan. Serangan ini dilakukan oleh kelompok-kelompok garis keras Sunni terhadap komunitas Syiah yang hanya sekitar 20 persen dari populasi penduduk Pakistan.

Perdana Menteri Nawaz Sharif mengutuk serangan itu dan mengatakan bahwa mereka yang bertanggung jawab akan diadili oleh pengadilan militer. (BBC/one)