Wah..! JK Dukung BG Mangkir dari Panggilan KPK

Wakil Presiden, Jusuf Kalla
Wakil Presiden, Jusuf Kalla
Wakil Presiden, Jufuf Kalla
Wakil Presiden, Jufuf Kalla

POJOKSATU – Jika banyak kalangan yang menyesalkan ketidakhadiran Komjen Budi Gunawan (BG) dalam pemeriksaan KPK Jumat (30/1), Wakil Presiden Jusuf Kalla malah mendukung sikap BG. Ia menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar, karena BG masih melakukan salah satu langkah hukum yang menjadi haknya.

“Itu wajar saja, kan masih dalam proses pengadilan kan. Belum ada kepastian,” ujar JK di kantornya, Jakarta, Jumat (30/1) petang.

Sikap JK ini sedikit berbeda dengan pihak Istana Negara yang mengimbau Komjen Budi sebaiknya tetap mematuhi aturan hukum yang ada. Meski di sisi lain, Budi memang punya hak untuk tidak menghadiri panggilan pemeriksaan itu.

Sementara itu, ditanya terkait status Komjen Budi sebagai calon kapolri yang belum jelas, JK mengaku, pemerintah masih menunggu proses hukum BG hingga selesai. Ia juga menegaskan belum ada nama baru untuk mengganti Budi sebagai kapolri.


“Pemerintah tak ingin kapolri itu menjadi kapolri tapi statusnya masih tersangka, Itu pasti, pemerintah kan taat. Sejauh ini saya kira belum ada (nama baru), masih menunggu pra pengadilan,” tandas JK. (flo/jpnn/ril)