Pilot “Hilang”, Pesawat Mendarat Darurat

Pesawat Delta
Pesawat Delta
Pesawat Delta

POJOKSATU – Dunia penerbangan kembali menjadi sorotan dunia. Setelah sebelumnya AirAsia QZ 8501 yang membawa 162 penumpang jatuh di Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, kini giliran maskapai di Amerika Serikat mengalami kejadian aneh dan mengerikan.

Sebuah pesawat terpaksa mendarat darurat di Kota Las Vegas, AS, Jumat (30/1/2015) gara-gara pilot tidak bisa masuk ke dalam kokpit.

“Setelah sekitar 1 jam perjalanan (total penerbangan 2,5 jam) terlihat ada beberapa kru pesawat yang ramai di bagian depan. Dan aku bisa melihat pilot mendorong-dorong pintu. Kejadian itu tidak biasa,” kata seorang penumpang, Jesse Dougherty kepada ABC News.

Pintu kokpit ternyata rusak sehingga tidak bisa terbuka, baik dari dalam maupun dari luar. Untungnya
sang kopilot yang masih berada di dalam kokpit sudah sangat terlatih untuk mengambil alih kemudi pesawat dan melakukan pendaratan darurat.


Pesawat Delta sekarang sedang dalam pemeriksaan terkait pintu kokpit yang tidak dapat terbuka. Hal sekecil itu bisa sangat berbahaya apabila cuaca yang buruk atau getaran yang hebat terjadi di udara, dan sang pilot tidak berada di kokpit. (cr2)