Pengacara BG Pegang Alat Bukti Kasus BW

Komjen Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan

POJOKSATU – Pengacara Irjen Budi Gunawan (BG) telah memegang sejumlah alat bukti atas kasus Bambang Widjojanto (BW). Alat bukti dugaan rekayasa saksi kasus sengketa pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat beredar di masyarakat.

Fredrich Yunadi, anggota tim pengacara dari calon tunggal kapolri satu di antara beberapa orang yang mendapatkan salinan dokumen kasus itu. “Saya punya alat buktinya,” kata Fredrich, Sabtu, 31 Januari 2015.

Ia mengaku mempunyai dokumen yang berisi pengakuan sejumlah saksi. Bahkan gambar denah gelar perkara yang dibuat kepolisin pun ia sudah ketahui.

“Ini buktinya,” katanya sambil menunjukkan sejumlah dokumen dan foto.


Alat bukti tersebut menurutnya akan sangat membantu pihak penyidik dalam pengungkapan kasus. Ia bahkan sangat yakin akan ada tersangka lain dalam kubu KPK berdasarkan pengungkapan dari alat bukti yang ia pegang.

Sayangnya, Fredrich tak mau berkomentar untuk menjelaskan dari mana dokumen-dokumen tersebut dia peroleh. Begitu pun saat dimintai komentar apakah dokumen itu menunjukkan pelanggaran prosedur yang dilakukan penyidik Polri.

“Ini bukan barang yang sulit dicari karena banyak beredar,” ujarnya. “Kalau ini jadi masalah, silakan lapor ke Propam dan Irwasum.” tantangnya.

Sementara itu, Anggota tim pengacara Bambang Widjojanto, Muhammad Isnur, mengaku belum bisa memastikan kalau alat bukti tersebut otentik atau tidak. Kalaupun itu benar, Isnur menilai penyidik Polri melakukan pelanggaran disiplin karena alat bukti adalah dokumen rahasia. (ril)