KMP Itu Koalisi Mega Paloh

Presiden Jokowi

POJOKSATU – KMP yang selama ini dikenal sebagai koalisi merah putih (KMP) mendapat plesetan baru. Namun KMP ini tidak ada hubungannya dengan koalisi yang dibangun Prabowo cs. KMP yang satu ini justru dikaitkan dengan koalisi partai pendukung pemerintahan Jokowi JK.

Akademisi Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menyebut KMP di lingkaran pemerintahan adalah Koalisi Mega Paloh. Duet elit PDI Perjuangan dan Partai Nasdem itu menjadi pembicaraan banyak orang saat ini. Keduanya dianggap aktif mengintervensi segala kebijakan presiden Jokowi.

Survei lembaga profesional menunjukkan 79,9 persen kebijakan Jokowi dipengaruhi oleh elit partai. “Iya betul, sebut saja KMP (Koalisi Mega Paloh). Dengan modal sosial, ekonomi dan politik yang besar, dampaknya punya peluang mengatur seseorang, termasuk presiden. Bahkan sampai ke aparat hukum,” tegas Asep kepada RMOL (grup pojoksatu.id) saat wawancara di kampus Pascasarjana Universitas Parahyangan Bandung, sabtu (31/1).

Menurut dia, kekuatan elit partai mempengaruhi segala keputusan jokowi, bahkan sampai ke aparat hukum. Hal tersebut disebabkan karena potensi materi dan alat kekuasaan sudah dimiliki.


“Jokowi punya modal kekuasaan, tapi tidak punya modal sosial, ekonomi, politik. Tapi megawati Cs punya power struktur di partai, uang, pengaruh dan wibawa ke masyarakat,” tukasnya. (gun/rmol/one)