Kabareskrim Dikejar Komnas HAM

Kabareskrim Budi Waseso
Kabareskrim Budi Waseso

POJOKSATU – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOmnas HAM) mengebut pemeriksaan beberapa aparat penegak hukum terkait dugaan kriminalisasi penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto (BW).

Komnas HAM telah memanggil Kabareskrim Irjen Pol Budi Waseso pada Jumat (30/1). Namun, komisioner merasa belum puas dan masih perlu melakukan pendalaman. Karena itu, Komnas HAM kembali memanggil Budi Waseso hari ini.

Pada pertemuan kemarin, Budi telah menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh para komisioner Komnas HAM. “Ada 16 pertanyaan yang kami ajukan, kami fokus pada 16 pertanyaan itu tetapi ada juga rincian-rincian kecilnya, ada beberapa sub topik,” ujar Ketua Tim Penyelidikan Dugaan Pelanggaran HAM Nur Kholis, Sabtu (31/1/2015).

Ia menyebut 16 pertanyaan itu terbagi menjadi 3 bagian. Bagian yang pertama yaitu mengenai protap (prosedur tetap) Polri terkait penanganan perkara. Kemuudian, bagian yang kedua yaitu terkait formilnya, yaitu peristiwa penangkapan BW. “Lalu bagian ketiga itu soal materiil, yaitu terkait dengan pengenaan pasal. Memang ini agak masuk ke pokok perkara tapi kami wajib tanyakan itu karena pokok pengaduan yang disampaikan itu dugaan kriminalisasi,” kata Nur Kholis.


Ia menambahkan, setelah pertemuan dengan Budi Waseso, tim akan segera berdiskusi dan mencocokkan dengan data dan informasi yang telah didapat sebelumnya. “Hari ini tim akan membahas hal itu lagi pukul 14.00 WIB. Tim harus bekerja cepat,” ujar Nur Kholis. (one)