BW Belum Pasti Ditahan

Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto

POJOKSATU – Bareskrim Polri telah menjadwalkan pemeriksaan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto Selasa pekan depan (3/2). Namun belum bisa dipastikan apakah tersangka kasus keterangan palsu tersebut akan ditahan atau tidak.

Menurut Kabareskrim Polri Budi Waseso, penyidiklah yang mempunyai kewenangan penahanan tersangka. Tentunya akan dipertimbangkan berdasarkan hasil pemeriksaan.

“Ditahan atau tidak, itu pertimbangan penyidik, saya tidak bisa mengatakan akan ditahan atau tidak,” ujar Budi Waseso saat ditemui seusai mengikuti kegiatan yang diadakan BNN di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Sabtu (31/1).

Ia mengaku saat ini pihaknya sudah melayangkan surat pemanggilan sesuai prosedur kepada BW Jumat kemarin. Ia berharap, wakil KPK non aktif tersebut kooperatif dalam pemeriksaan.


Surat bernomor 5PGL/146/I/2015/DitTipideksus tersebut dikirim ke Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kavling C1, Jakarta Selatan. Rencananya, pemeriksaan akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB.

Seperti diketahui, BW telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyuruh saksi memberikan keterangan palsu, dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada di Kotawaringin Barat pada 2010.

Terkait perkara dugaan tindak pidana memberikan keterangan palsu di bawah sumpah itu, Bambang disangka melanggar Pasal 242 ayat 1 KUHP junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto Pasal 55 ayat ke 2 KUHP. (ril)