Tips Sukses Kerjakan UN Online

Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Ujian Nasional (UN), merupakan kata yang selama ini masih menjadi ketakutan terbesar bagi pelajar Indonesia, hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang nilai prestasi hariannya baik, namun ketika melaksanakan UN, ia tak lulus.

Tentunya hal itu sangat akan membuat siswa menjadi depresi, apalagi saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai menerapkan Ujian Nasional (UN) dengan cara online guna memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dengan baik dan lebih bijak lagi. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah beberapa masalah yang kerap terjadi saat UN, seperti pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Namun, jangan khawatir karena saat ini UN tak lagi menjadi hal yang harus ditakutkan oleh pelajar. Berikut adalah tips sukses kerjakan UN Online.

1. Berdoa


Jangan pernah lupakan kebiasaan yang satu ini, karena setelah berusaha pastinya tak lengkap jika tak dibarengi dengan doa. Mintalah doa pada orangtua anda, keluarga, saudara, atau teman-teman anda agar anda dimudahkan dalam mengerjakan soal Ujian Nasional. Berdoalah dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kuasai Materi

Pelajarilah dengan baik materi ujian yang akan diujikan, dengan menggunakan teori-teori singkat yang akan mudah anda pahami, mengerti, dan ingat.

3. Perhatikan Koneksi Internet.

Pastikanlah anda memiliki koneksi internet yang baik dan selalu tersambung sebelum anda melakukan Ujian Nasional online ini, karena jika koneksi internet anda buruk, maka anda tak akan bisa mengerjakan soal UN.

4. Pastikan Data Diri Terisi

Jika mengerjakan ujian, biasakanlah isi data diri terlebih dahulu, agar nantinya ketika waktu habis anda tak khawatir nilai kosong karena anda lupa mengisi data diri. Jika anda lupa, maka akan sangat merugikan diri anda, karena anda tak akan terdaftar sudah mengerjakan soal UN.

5. Bersikap Tenang

Bersikaplah tenanglah dalam menghadapi soal Ujian Nasional, jangan gugup atau tergesa-gesa ingin menyelesaikan soal dengan segera, agar anda bisa menyelesaikan ujian dengan baik.

6. Siapkan Kondisi Fisik dan Mental

Siapkanlah kondisi fisik dan mental anda dengan baik, agar anda tetap bisa fokus dalam mengerjakan soal ujian.

7. Siapkan keterampilan teknis

Untuk memudahkan anda mengerjakan soal UN online dengan baik, maka anda harus mempelajari teknis mengerjakan soal UN, agar anda dapat menguasai teknik mengisi lembar jawaban online dan teknik menjawab soal dengan benar.

8. Kerjakan Soal Mudah Terlebih Dahulu

Kerjakanlah soal-soal UN yang mudah terlebih dahulu, lalu soal yang sedang, kemudian soal yang menurut anda paling rumit. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu agar tak banyak waktu terbuang dalam mengerjakan UN online.

9. Periksa Ulang dan Pastikan Semua Terisi

Perhatikan dan periksalah ulang jawaban anda setelah anda selesai mengerjakan soal UN online, agar tak ada soal yang terlupa untuk diisi.

Selamat mencoba, semoga anda sukses UN online. (zul)