Temui Jokowi, Lukas Enembe Tolak Smelter Gresik

Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto : Istimewa
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto : Istimewa
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto : Istimewa

POJOKSATU – Gubernur Papua Lukas Enembe menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (29/1) malam. Dalam pertemuan itu, Lukas menyampaikan penolakan pembangunan smelter PT Freeport Indonesia yang akan dilaksanakan di Gresik, Jawa Timur.

“Semua elemen Papua menolak smelter dibangun di Gresik. Papua ini bagian dari NKRI. Saya didampingi bupati-bupati di papua bertemu presiden. Kita sepakat menolak smelter dibangun di Gresik,” kata Lukas usai bertemu presiden, Jumat malam.

Warga Papua, kata Lukas, juga mempertanyakan alasan presiden mengizinkan Freeport membangun smelter di Gresik dibanding di Papua.

Ia menyatakan, jika tak dibangun di Papua, Freeport diminta keluar dari wilayah bumi Cendrawasih tersebut. Ia menegaskan jika dibangun di Papua, seluruh ekonomi masyarakatnya akan lebih merata dan meningkatkan masyarakat Papua.


“Kalau tak membangun di Papua, silahkan keluar dari Papua. Seluruh sumber daya alam di Papua hutan, ikan, tambang untuk kesejahteraan Papua. Wajib hukumnya bangun di Papua,” tegas Lukas.

Lukas mengaku presiden menyambut baik pendapat-pendapat yang disampaikannya bersama para bupati tersebut dan berjanji akan memanggil Freeport kembali. (flo/jpnn)