Takut Dibunuh, Bupati Kobar Batal ke Komnas HAM

Ujang Iskandar
Ujang Iskandar
Ujang Iskandar

POJOKSATU – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM memanggil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ujang Iskandar untuk dimintai keterangan, Jumat (30/1/2015). Namun, Ujang tak memenuhi undangan Komnas HAM dengan alasan keamanan. Diduga, Ujang takut menjadi korban perseteruan KPK dan Polri yang hingga kini masih memanas.

Ujang dipanggil Komnas HAM dalam rangka penyelidikan kasus pelanggaran HAM terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri.

“Bupati Kobar Ujang tidak datang ke Komnas HAM karena persoalan keamanan,” ujar Ketua Tim Penyelidikan Dugaan Pelanggaran HAM terhadap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW).

Nur Cholis menambahkan, Ujang memang meminta jaminan keamanan ke Komnas HAM. Tetapi, Nur tidak bisa memberikan jaminan keamanan karena bukan kewenangannya.


“Pada tahap itu, saya memikirkan ulang. Kita akan diskusikan di tempat yang lain. Komnas HAM tidak bisa memberikan jaminan keamanan, Komnas HAM hanya bisa memberikan rekomendasi. Yang bisa menjamin keamanan adalah polri dan LPSK,” jelasnya.

Ia menduga Ujang tidak datang karena masih sibuk membantu evakuasi korban AirAsia yang mengalami kecelakaan di daerahnya. “Dia tidak datang, mungkin juga berhimpitan kegiatan Basarnas di daerahnya,” tandasnya. (one)