Rizal Sebut Warisan SBY Bikin Jokowi Sulit Berprestasi

Rizal Ramli
Rizal Ramli
Rizal Ramli

POJOKSATU – Kinerja 100 hari pemerintahan Jokowi-JK mendapat penilaian negatif dari masyarakat. Penyebabnya, Jokowi dianggap masih menjadi petugas partai. Selain itu, Jokowi juga belum mampu menunjukkan kehebatannya dalam menangani persoalan bangsa, termasuk perseteruan KPK dan Polri.

Selain itu, warisan yang ditinggalkan SBY juga menambah kerumitan di dalam menjalankan roda pemerintahan. Hal tersebut diperparah dengan tekanan dari internal pemerintahan yang semakin agresif.

Masalah ini membuat Jokowi sulit berprestasi dan menunjukkan tanda-tanda ke arah perbaikan kesejahteraan dan keadilan.

Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan, Jokowi sulit berprestasi karena tekanan dari Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri dan Surya Paloh merupakan .


Sementara warisan pemerintahan SBY yang paling merepotkan pemerintahan Jokowi adalah quatro deficit yang terdiri dari defisit Neraca Perdagangan, defisit Neraca Pembayaran, defisit Balance Of Payments pada Q1-2013, dan defisit APBN plus utang luar negeri lebih dari Rp 2.100 triliun.

“Tidak mungkin meningkatkan kesejahteraan rakyat kalau yang digunakan adalah kebijakan neoliberal. Yang ada hanya sekadar menaikkan harga,” ujar Rizal Ramli. (dem/rmol/one)