Masuk Musim Penghujan, Wapadai Penyakit Ini

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

POJOKSATU – Memasuki musim penghujan pada akhir Januari sampai Februari, Jakarta diperkirakan akan memasuki puncak penghujan. Dinas Kesehatan DKI Jakarta meminta masyarakat untuk waspada terhadap lima penyakit yang banyak menyerang pada saat musim hujan.

Kelima penyakit tersebut adalah infeksi saluran pernapasan (ISPA), demam berdarah, diare, chikungunya, dan leptospirosis. Jumlah penderita penyakit tersebut sangat fluktualtif.

Kepala‎ Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kusmedi menyatakan masyarakat yang menderita penyakit flu akan bertambah. Sedangkan, untuk penderita demam berdarah mengalami penurunan.

“Untuk flu pasti bertambah, tapi untuk DBD turun dari tahun sebelumnya. Januari ini ada 146 kasus dan tidak ada yang meninggal. Sedangkan, diare tidak beda dari tahun kemarin,” kata Kusmedi saat dihubungi, Jumat (30/1).


‎Kusmedi menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan diri untuk mengatasi penyakit. Bahkan, obat-obatan untuk lima penyakit itu sudah disebarkan ke Puskesmas.

‎‎‎Sementara, untuk menekan angka penderita penyakit yang disebabkan nyamuk Aedesaegypti tidak akan mengandalkan foging. Menurut Kusmedi, lebih dioptimalkan kepada kebersihan warga.

“Kalau foging itu sesuai kebutuhan saja,” tandas Kusmedi.‎ (gil/jpnn/lya)