Jokowi Didekati KMP, KIH Rapat Rahasia di Rumah Megawati

Presiden Joko Widodo

POJOKSATU – Tensi konflik antara pemerintahan Jokowi dan Koalisi Merah Putih (KMP) menurun sejak Prabowo Subianto menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor, Kamis (29/1) lalu. Namun, pada saat bersamaan, hubungan Jokowi dengan partai pengusung, khususnya PDI Perjuangan mulai renggang.

Kerenggangan itu terlihat dari beberapa pernyataan beberapa petinggi PDI Perjuangan yang terang-terangan menyerang Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mendapat kritikan keras dari petinggi partai Megawati karena hingga kini tak berani melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Padahal, Budi Gunawan merupakan jagoan PDIP untuk mengambil alih tongkat komando di Polri.

Menyikapi polemik tersebut, beberapa petinggi Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menggelar pertemuan tertutup di rumah Megawati di Kebagusan, Jakarta Selatan, Jumat (30/1/2015) malam.

Sejak pukul 19.00 WIB satu persatu mobil peserta rapat memasuki kediaman Presiden RI ke-5 itu. Pukul 20.00 WIB mobil yang datang mulai sepi. Diperkirakan pertemuan telah dimulai. Sekitar pukul 22.10 WIB, satu persatu mobil mulai meninggalkan rumah Mega. Pertemuan berlangsung sekitar dua jam


Ada belasan mobil yang terlihat keluar. Di antaranya sedan hitam B 1251 SAH milik Wiranto, SUV B 1 PKP milik Sutiyoso, dan Innova B 1132 RFQ milik Olly Dondokambey. Sejak mobil pertama keluar pukul 22.10 WIB, berturut-turut tak lebih dari 5 menit kemudian mobil mobil lainnya menyusul. Mobil yang terakhir keluar sekitar pukul 22.40 WIB.

Namun, tak ada satupun yang bersedia memberikan keterangan. Beberapa hanya terlihat melambaikan tangan tanpa membuka kaca mobil. Informasi yang dihimpun, sejumlah hal strategis dibahas di pertemuan itu. Di antaranya soal nasib pencalonan Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri dan APBN P 2015. (one)