Hakim Praperadilan BG Ternyata Berstatus Terlapor

Ketua KY, Suparman Marzuki
Ketua KY,  Suparman Marzuki
Ketua KY, Suparman Marzuki

POJOKSATU – Komisi Yudisial (KY) menyebut hakim yang bakal mengadili gugatan praperadilan Komjen Budi Gunawan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga berstatus terlapor dalam kasus suap. Karena itu, KY berharap ia tidak bermanuver macam-macam.

Ketua KY Suparman Marzuki, mengatakan, hakim Sarpin Rizaldi, pernah delapan kali dilaporkan ke KY. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah menunjuk Sarpin sebagai hakim tunggal untuk menangan kasus BG dan KPK.

“Dari delapan laporan itu, salah satunya laporan terkait suap,” kata Suparman kepada wartawan di Gedung KY, Jl Kramat Raya, Jakarta, Jumat (30/1).

Hal ini disampaikan Suparman saat menerima Tim Advokasi Antikriminalisasi (Takis) di kantor KY. Suparman menyebutkan dari delapan laporan itu, sebagian sudah tidak ditindaklanjuti. Alasannya karena KY tidak menemukan bukti konkrit terkait laporan.


“Tapi yang suap masih kita tindaklanjuti,” kata Suparman.

Suparman juga menyebutkan, meski masih berstatus terlapor, diharapkan hakim Sarpin tetap berpegang teguh pada pedoman KUHAP dalam sidang praperadilan.

“Jangan buat manuver-manuver putusan karena ini praperadilan, KUHAP kita itu sudah jelas sekali!” pangkas Suparman. (rmo/jpnn/ril)