Napi Ini Minta Korbannya Selfie Bugil di Facebook

Karyawan kontrak di Facebook digaji per jam

POJOKSATU – Kejahatan lewat jejaring sosial Facebook kembali terjadi. Hebatnya lagi, kejahatan tersebut dilakukan oleh nara pidana (napi) narkoba di Lapas Kelas II A Subang, Jawa Barat, Saiful Husen di dalam penjara.

Kelakuan Saiful terungkap oleh Polda Kalimantan Barat (Kalbar). Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto, mengatakan kasus ini bermula dari akun facebook yang dibuat oleh Saiful dengan memasang wajah seorang pria tampan asal Aceh dan bekerja di pelayaran. Akun dengan nama T Rizal Maulana (TRM) ini disalah gunakan Saiful dan melakukan kejahatan pemerasan.

Ia menambahkan, kasus ini diketahui dari laporan salah satu korban Saiful yakni ibu B asal Pontianak, Kalbar, yang juga berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di Pontianak, Kalbar. Kejadiannya sekitar Oktober 2014, B yang memiliki akun facebook menerima konfirmasi pertemanan dengan akun facebook bernama TRM.

B yang tak mengetahui bahwa akun TRM palsu yang dimainkan Saiful di balik penjara, santai saja berkomunikasi dengan napi tersebut. Saat TRM minta kepada B untuk berfoto selfie bahkan meminta beradegan bugil ia menuruti kemauan akun palsu tersebut.


“Dalam perkembangan selanjutnya dengan melalui komunikasi telepon TRM meminta kepada korban B untuk berfoto selfie bahkan diminta sampai dengan adegan bugil dan diminta untuk dikirimkan kepada TRM,” kata Arief.

Setelah mendapat foto bugil korban, dia melancarkan pemerasan. Korban B diminta mengirim uang, total hingga sampai Rp 80 juta. Bila uang tak dikirim, foto bugil akan disebar.

“Pelaku berhasil menguras uang salah satu korbannya yang melapor di Polda Kalbar sebesar Rp 80 juta,” terangnya.

Karena terus diperas, korban akhirnya melakukan pelaporan ke Polda Kalbar.

“Karena sudah tidak sanggup dan tidak tahan lagi maka korban B melaporkan kejadian tersebut ke Polda Kalbar pada tanggal 8 Januari 2015. Pengungkapan perkara Cyber Crime cukup sulit dan rumit, namun akhirnya bisa terungkap,” tandasnya.(lya)